Kamis, 29 November 2012

Laporan Praktek Kerja Industri

LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
(PRAKERIN)







Nama: Agnes Handayani
Program Keahlian: Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)



KATA PENGANTAR

Puji Syukur saya panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas berkat dan rahmat-Nya saya dapat menyelesaikan laporan prakerin ini tepat pada waktunya tanpa suatu halangan apapun. Saya juga mengucapkan banyak terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu tersusunya laporan prakerin ini. Laporan yang saya susun ini masih terdapat banyak kekurangan dan hal-hal yang perlu disempurnakan, oleh sebab itu saya sangat mengharapkan kritik dan sarannya dari para pembaca demi sempurnanya laporan ini. Laporan Praktik Kerja Industri ini disusun sebagai salah satu syarat untuk memenuhi tugas sekolah pada Tahun Pelajaran 2011/2012 Pada SMK Negeri 1 Cibinong, Bogor.

















Bogor, 23 November 2012
BAB I PENDAHULUAN

1.1 LATAR BELAKANG

Kurikulum Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), khususnya garis-garis besar dalam belajar kejuruan menurut jurusannya masing-masing.program pengajaran disebutkan bahwa pendidikan menengah kejuruan sebagai bagian dari pendidikan menengah dalam system Pendidikan Nasional bertujuan:

1. Mengutamakan penyiapan siswa untuk memasuki lapangan kerja serta mengembangkan sikap profesionalisme.

2. Menyiapkan siswa agar mampu memilih karier, mampu berkompetisi dan dapat mengembangkan diri

3. Menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah untuk mengisi kebutuhan dunia kerja dan industri pada saat ini maupun pada saat yang akan dating

4. Menyiapkan tamatan agar menjadi warga Negara yang produktif, adaptif, dan kreatif

Melihat tujuan diatas, perlu adanya suatu cara untuk mewujudkan antara lain:

1. Meningkatkan, memperluas dan memantapkan keterampilan yang dimiliki siswa sebagai bekal untuk memasuki dunia kerja yang dipilih sehingga tidak merasa canggung bila terjun ke dunia kerja.

2. Agar siswa mengetahui dan mengenal lapangan kerja yang sebenarnya

3. Siswa mampu berusaha yang potensial dalam lapangan kerja, antara lain struktur dunia usaha, asosiasi usaha, jenjang karier, manajemen usaha.

4. Melatih mental dan kepribadian, inisiatif dalam menghadapi segala keadaan yang ada dalam masyarakat dan dunia kerja.

5. Meningkatkan, memperluas proses penyerapan teknologi baru dilapangan kerja ke sekolah atau sebaliknya.

6. Melatih disiplin dan tanggung jawab dalam melaksanakan tugas.

7. Memperoleh masukan dan umpan balik guna memperbaiki dan mengembangkan kesesuaian pendidikan kejuruan.

2. Tujuan Pembuatan Laporan

Adapun tujuan pembuatan laporan dapat penyusun jabarkan sebagai berikut :

1. Sebagai siswa mampu memahami, memantapkan dan mengembangkan pelajaran yang diperoleh disekolah maupun pengalaman serta dapat menerapkan dalam dunia industri.

2. Siswa mampu membandingkan kemampuan yang diperoleh di dunia pendidikan atau sekolah dengan kemampuan yang di butuhkan dalam dunia keja.

3. Siswa mampu mencari alternative, memecahkan masalah yang timbul dalam dunia kerja sesuai dengan program studi yang menjadi pilihannya.

4. Mengumpulkan data guna keperluan sekolah dimasa yang akan datang khususnya dalam masalah pelaksanaan praktek kerja industri (Prakerin) sehubungan dengan tujuan yang ingin dicapai.

5. Untuk mengembangkan daya kreatif siswa

6. Menambah perbendaharaan perpustakaan dan menunjang pentingnya siswa angkatan berikutnya.

3. Alasan Pemilihan tempat PraktikKerja Industri


1.2 SEJARAH PERUSAHAAN
Rentang waktu pelaksanaan Prakerin SMK Negeri 1 CibinongTahun Pelajaran 2008/2009 dimulai tanggal 22 Desember sampai dengan tanggal 21 Pebruari 2009 dan diikuti oleh semua siswa. Sedangkan untuk tempat Prakerin masing-masing siswa berbeda, hal ini dikarenakan untuk penentuan tempat Prakerin ditentukan oleh guru disamping minat siswa sendiri. Dalam hal ini kami memilih tempat di Deksoftindo (Deklarasi Software House Indonesia), perum Arca Winangun Estate, Blok AC IV/3 yang memberi kesempatan untuk melaksanakan Praktik Kerja di Purwokerto.

Adapun alasan kami memilih tempat tersebut adalah :

1. Ingin mengetahui tentang teknik secara langsung

2. Ingin mengetahui dunia kerja

3. Ingin mendapatkan tambahan pengalaman yang belum didapat selama di sekolah

4. Tempatnya sesuai dengan jurusan yang dipilih yaitu Rekayasa Perangkat Lunak (Software).

4. Metode pengumpulan Data

Metode untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan dalam menyusun laporan kami mengambil metode, yaitu :

Metode Wawancara

Metode ini merupakan metode yang paling efektif dalalam mengumpulkan data-data yang diperlukan. Dengan metode ini Penulis secara langsung melakukan wawancara dengan pembimbing di lapangan dan karyawan. Data-data yang diperoleh dengan metode ini antara lain ;

1. Struktur Organisasi Usaha

2. Lokasi Usaha

3. Inventarisasi tentang alat-alat dan benda-benda yang di kerjakan di tempat Prakerin.

GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

1. Latar Belakang Perusahaan

DEKSOFTINDO jika dipaparkan merupakan Deklarsi Software House Indonesia yang melakukan kegiatan dalam bidang software, serta dalam bidang hardware. Ini merupakan hal yang sangat besar manfaatnya di masa sekarang dan yang akan datang, khususnya dunia pendidikan dan Informatika.

DEKLARASI mulai berkecimpung dalam dunia TI (Teknologi Informasi) sejak tahun 2002. Sesuai dengan bidangnya, DEKLARASI melayani jasa perbaikan komputer, pembuatan Program Aplikasi maupun pengolahan data elektronik, Web Database, Design Grafis dan multimedia serta Jaringan komputer (Networking). pada tahun 2004 tepatnya hari/Tgl Rabu, 13 Oktober 2004 DEKLARASI menjadi sebuah PERSEROAN COMANDITER dengan nama CV. DEKSOFTINDO (Deklarasi Software House Indonesia). Secara yuridis (hukum) CV. DEKSOFTINDO terdaftar sebagai PERSEKUTUAN COMANDITER sesuai dengan TDP (Tanda Daftar Perusahaan) Nomor 11.07.3.52.01319, tertanggal 13 Oktober 2004, SIUP (Surat Ijin Usaha Perusahaan) Nomor 03620/11.19/PK.3/X/2004, dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak) Nomor 02.258.214.2-521.000.

DEKSOFTINDO yang bergerak dalam bidang TI (Teknologi Informasi) telah banyak menyumbangkan hasil karya nyatanya yaitu berupa produk unggulan seperti program aplikasi perkantoran baik pemerintah maupun swasta, program aplikasi untuk industri dan perdagangan, Jaringan komputer / Local Area Network (LAN/WAN) untuk Laboratorium, industri, dan perkantoran, Design graphic berupa objek seperti Animasi, Logo, Poster, Brosur dan lainnya yang berhubungan dengan design graphic, multimedia dan periklanan berbasis visual, pembuatan Website interaktif berbasis pemrograman Database serta aplikasi online lainnya, pembuatan SMS Gateway yang sedang marak di gunakan di media Audio maupun Audio Visual untuk berbagai keperluan.

2. Struktur Organisasi

Keterangan:

¨ Direktur Utama: Untung Cahyono, S.Kom.

¨ Administrasi Keuangan: Erni Rachmawati, S.Kom.

¨ Operational Manager: M.Burhanudin, S.Kom.

¨ Software Supervisor: Wiyadi, S.Kom.

¨ Hardware And Networking Supervisor: Agus Baha’Udin

¨ Web Developer Supervisor: Nahar Mardiantoro, S.Kom.

¨ Education Supervisor: -

¨ Programmer: Abdul Hadi Setyoleksono

¨ Technical Support: Fahmi Habibi

¨ Web Programmer: Bahrudin

¨ Web Designer: Hari Achmadi, S.Kom.

¨ Tentor: -

Keterangan tugas dari struktur organisasi:

1. Direktur Utama, bertugas mengatur dan memberi pengarahan terhadap jalannya tugas kepada bawahan.
2. Administrasi Keuangan, bertugas mengurusi keuangan di lembaga
3. Operational Manager, bertugas mengoperasi dan mengurusi jalannya pekerjaan
4. Software Supervisor, bertugas
5. Hardware dan Networking Supervisor, bertugas
6. Web Developer Supervisor, bertugas
7. Programmer, bertugas membuat program
8. Technical Support, bertugas
9. Web Programmer, bertugas
10. Web Desaigner, bertugas sebagai pendesaign hal Web

3. Kegiatan Usaha

Deksoftindo melakukan kegiatan usaha dalam bidang software (khususnya) dan hardware dan Networking Solution Vendor. DEKLARASI melayani jasa perbaikan komputer, pembuatan Program Aplikasi maupun pengolahan data elektronik, Web Database, Design Grafis dan multimedia serta Jaringan komputer (Networking).

BAB II PEMBAHASAN

2.1 TUJUAN PENULISAN

Adapun maksud dan tujuan pelakaanaan PRAKERIN ini adalah:
a.     Untuk memenuhi program belajar di SMK.
b.    Salah satu syarat mengikuti Ujian Akhir Semester dan Ujian Kompetensi.
c.    Menerapkan keterampilan, ketelitian, disiplin, dan tanggung jawab sisiwa dalam menghadapi bidang tertentu pada saat melakukan setiap pekerjaan tertentu.
d.    Melatih fisik dan mental seseorang dalam bekerja di perusahaan.
e.    Memberikan latihan dan pengalaman kerja agar sisiwa memiliki pengalaman dalam dunia usaha.
f.     Meluaskan wawasan dan pandangan sisiwa/siswi terhadap dunia usaha agar dapat melihat keadaandan masalah-masalah yang sering terjadi di sekeliling dunia perindustrian khusunya pada zaman sekarang.
g.    Mendapat keterangan ilmuyang di pelajari dan dunia usaha maupun dari perindustrian dan perkantoran.

AKTIVITAS PRAKTIK KERJA INDUSTRI

1. Tempat dan Lama Penugasan

Penulis memilih tempat Praktik Kerja Industri di Deksoftindo Purwokerto, Tepatnya di Perum Arca Winangun Estate,Blok AC IV/3 Purwokerto, Banyumas. Pada kesempatan yang diberikan untuk melaksanakan Praktik Kerja Industri yaitu ± 2 Bulan yang dimualai dari tanggal 22 Desember 2008 sampai dengan 21 Pebruari 2009.

2. Macam Kegiatan dan Uraian

Adapun macam kegiatan dan uraian yang penulis lakukan antara lain sebagai berikut :

1. Membuat manual Book

2. Membuat file PDF

3. Membuat Web

4. Pengkabelan Cross dan Straight

5. Menginstall Server

6. Menginstall Client

7. Setting Client

8. Setting Server

9. Koneksi Server dan Client

10. Setting Web Server

3. Masalah yang dihadapi

Ada beberapa masalah yang penulis temukan pada saat penulis melakukan Praktik Kerja Industri. Adapun masalah yang dihadapi antara lain :

1. Ketidaksamaan antara teori yang diajarkan di sekolahan dengan ditempat Prakatik Kerja Industri atau Dunia Usaha.

2. Adanya Praktik atau Teori yang belum diberikan pada saat pelajaran disekolah.

3. Penggunaan sarana-sarana yang belum dikenal di lokasi kerja.

4. Penanganan Masalah


Dalam melakukan suatu kegiatan tidak luput adanya suatu masalah yang mungkin pasti kita hadapi. Dalam penanganan masalah yang penulis hadapi tidak lain yaitu meminta petunjuk kepada istruktur yang menanganinya, bagaimana supaya masalah yang ada dapat diselesaikan dengan benar. Selain itu penulis juga harus mempunyai kepercayaan diri atas solusi yang telah penulis dapatkan dari instruktur kerja. Semua tindakan tidak akan tercapai tanpa adanya keinginan, niat dan do’a.

MEMBUAT WEB SEVER

1. Pengertian
2. Cara Menginstall Server dan
3. Pengkabelan
4. Cara Setting Server dan Client
5. Cara Koneksi Server Dan Client
6. Cara Setting Web Server

BAB III

PENUTUP

3.1 Kesimpulan

Dalam melaksanakan Prakerin pada tahun 2008/2009 penulis memilih tempat di Deksoftindo, tepatnya di Perum Arca Winangun Blok AC IV/4, Purwokerto selama rentang waktu ± 2 bulan yang dimulai pada tanggal 22 Desember 2008 sampai dengan tanggal 21 Pebruari 2009. Penulis memilih tempat Di Deksoftindo karena tempat ini sesuai dengan jurusan penulis yaitu RPL (Rekayasa Perangkat Lunak “Software”).Deksoftindo melakukan kegiatan dalam bidang software, hardware dan networking solution vendor. Sesuai dengan bidangnya, deklarasi ini melayani jasa perbaikan komputer, pembuatan Program Aplikasi maupun pengolahan data elektronik, Web Database, Design Grafis dan multimedia serta Jaringan komputer (Networking).

3.2 Saran

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar