Tugas Softskill - Web User Friendly

Nama : Agnes Handayani
Kelas : 3KB04




                                                         Web 1 : Meownime.com



                                                           Web 2 : Nimegami.com


 Ciri – Ciri Website yang User Friendly

 1. Website yang Responsive Sekarang ini banyak orang yang mencari informasi melalui menggunakan perangkat yang mereka miliki seperti smartphone, tablet, maupun komputer. Oleh karena itu, kalian pun harus memastikan apakah website kalian sudah responsive? agar para pengunjung bisa membuka website kalian di semua layar device dengan begitu mereka tidak perlu di zoom saat mengunjungi website kalian.
 2. Memiliki Struktur Informasi yang jelas Website yang friendly harus memuat informasi yang jelas, jangan lupa untuk mengatur informasi-informasi blog atau website kalian sebaik mungkin. Buat agar pengunjung mudah menemukan blog yang sedang mereka cari, jangan lupa memberikan fitur “search”
 3. Loading yang Cepat Salah satu ciri – ciri lainnya yaitu memiliki loading yang cepat. Website yang cepat akan semakin disukai oleh pengunjung. Biasanya mereka tidak mau menunggu website yang loadingnya lama yang akhirnya mereka memutuskan untuk memilih website yang lain.
 4. Konten Website yang Berkualitas Pengunjung lebih senang dengan konten yang menarik dan bermanfaat. Untuk melengkapi konten di website kalian sebaiknya lengkapi dengan gambar, tabel, grafik atau video.
 5. Teks Mudah Untuk Dibaca Ketika membuat blog atau website kalian harus memperhatikan tulisan pada halaman website kalian. Jika tulisan di website sulit untuk dibaca, segeralah untuk perbaiki tulisan tersebut. Perhatikan untuk jarak setiap tulisan, ukuran font yang digunakan, perpaduan warna yang tidak tepat dll. karena ini pun merupakan ciri-ciri website yang user friendly.


 Keterangan:
 Yang saya lihat pada website Meownie.com, tampilan utama website yang tidak menarik, karena kombinasi gambar yang terlalu besar dan ukuran huruf yang kecil merusak efisiensi website. Gambar yang terlalu besar juga menyebabkan lamanya loading saat awal membuka website. Pada website Mewnie.com terlihat jika gambar sangat proporsional dan enak dilihat oleh mata saat saya berkunjung ke website pertama kalinya, dan terdapat kategori-kategori yang dapat mempermudah saya mencari suatu Anime. 

Pada website Meownie.com jika dibandingkan dengan website Nimegami.com juga cenderung lebih sedikit informasi yang diberikan, hanya berupa judul Anime saja, sedangkan pada website Nimegami.com menampilkan Judul, Tanggal Update, Comment, Kategori, Dan keterangan “Complete” apabila anime sudah lengkap episodenya dan “On-Going” jika anime masih berjalan sampai saat ini. Pada website Meownime.com terdapat “Search Bar”, namun sayangnya fasilitas yang harusnya mempermudah pencarian itu, tidak dapat digunakan. 

Pada website Nimegami.com terdapat “Search Bar” yang dilengkapi button Search Icon yang mempermudah untuk mengetahui bahwa kotak tersebut ditunjukan untuk pencarian. Konten yang ada di website Nimegami.com juga teramasuk lebih banyak dan lebih berkualitas, karena yang dapat saya lihat ada banyak macam Anime dan ada fitur Streaming maupun download. Dan di website ini juga ada Jadwal Rilis yang mempermudah pengguna mencari Anime yang baru diUpload.

Comments

Popular posts from this blog

Distribusi Peluang Teoritis

INFRASTRUCTURE IMPLEMENTATION